Blog Seputar Dunia Psikologi

8 Hal yang Perlu Kamu Tahu Ketika Menjadi Remaja (Bag. 1)

Banyak ilmuwan psikolog perkembangan yang mengatakan masa remaja adalah masa yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Masa ini tidak kalah pentingnya dengan usia golden age. Mereka yang masuk pada usia remaja, akan mengalami beberapa hal yang terkadang buat mereka tidak enak, frustasi atau bahkan mengalami stress tanpa sebab.
Artikel tentang remaja. Jika kamu remaja, masuk sini untuk cari tahu siapa dirimu!

Telah dibahas pada artikel sebelumnya Anak Remajaku Suka Membangkang, kompleksitas remaja ini tidak terlepas dari tugas perkembangan yang harus dilakukan. Tugas perkembangan yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, hanyalah sebagian kecil yang harus dilalui oleh para remaja. Pada artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut tentang apa saja yang harus diketahui ketika menjadi remaja.

Masa Remaja Sebagai Periode yang Penting
Walaupun semua periode perkembangan manusia itu penting, namun semua memiliki kadar yang berbeda-beda. Baik dilihat dari sudut pandang psikis maupun fisiknya. Pada periode masa perkembangan remaja ini, ada baiknya perlu diperhatikan keseimbangan perkembangan fisik dan psikisnya. Perkembangan fisik di masa remaja yang tidak diimbangi dengan perkembangan mental yang baik, seringkali menimbulkan persepsi negatif di masyarakat dan persepsi tersebut terkadang berubah menjadi perilaku bullying pada remaja yang mengalami ketidakseimbangan perkembangan fisik dan psikisnya.

Pertumbuhan Fisik Remaja

Masa Remaja Sebagai Periode Peralihan
Hurlock dalam bukunya menjelaskan dalam setiap periode peralihan, status individu tidaklah jelas dan terdapat keraguan akan peran yang harus dilakukan. Pada masa ini, remaja bukan lagi seorang anak dan bukan orang dewasa. Kalau remaja berperilaku seperti anak-anak, ia akan diajari untuk “bertindak sesuai dengan umurnya”. Kalau remaja berusaha berperilaku seperti orang dewasa, ia seringkali dituduh “kayak orang dewasa aja!” dan dimarahi karena bertindak seperti orang dewasa.

Masa Remaja Sebagai Periode Perubahan
Perubahan yang terjadi di masa remaja perlulah diperhatikan. Mengingat masa ini adalah masa dimana setiap perkembangan psikis maupun fisik individu menentukan individu tersebut dimasa selanjutnya. Hurlock membagi 4 perubahan remaja yang bersifat universal atau dapat dialami oleh semua remaja di berbagai belahan dunia. Perubahan pertama adalah perubahan emosi.  Meningginya emosi pada remaja yang intensitasnya bergantung pada tingkat perubahan psikis dan fisik yang terjadi. Kedua perubahan tubuh, minat dan peran yang diharapkan oleh kelompok sosial. Ketiga, dengan berubahnya minat, berubah pula nilai-nilai sosial. Apa yang terpenting pada masa anak-anak, di masa ini hampir tidak penting lagi. Keempat, sebagian remaja bersikap ambivalen terhadap setiap perubahan. Mereka menginginkan dan menuntut kebebasan, tetapi mereka sering takut bertanggung jawab akan akibatnya dan meragukan kemampuan mereka untuk dapat mengatasi tanggung jawab tersebut.

Masa Remaja Sebagai Masa Bermasalah
Periode masa remaja juga disebut sebagai periode yang penuh badai dan tekanan. Maksudnya adalah pada periode ini, individu akan menemukan sejumlah masalah yang harus dia hadapi. Hal ini menjadikan individu lebih banyak tertekan. Mengingat di masa sebelumnya yaitu masa kanak-kanak, mereka tidak dibebankan masalah yang tingkat kesulitasnnya seperti di periode remaja. Selain itu, tuntutan dari orang dewasa disekitarnya membuat dia semakin tertekan. Mereka seringkali tidak memahami apa yang harus dilakukan untuk memenuhi tuntutan tersebut dan ironisnya, orang dewasa tidak memberikan petunjuk atau menuntun mereka untuk mememnuhi tuntutan yang diberikan kepadanya. Walhasil banyak remaja bermasalah karena ketidakmampuannya menghadapi masalah yang ada di hadapan mereka.

Bersambung..
0 Komentar untuk "8 Hal yang Perlu Kamu Tahu Ketika Menjadi Remaja (Bag. 1)"

Back To Top