Blog Seputar Dunia Psikologi

Penting! Membentuk Karakter Bangsa



Video presentasi dari Eris Sudewo di atas menurut Mimin sangat powerfull dan berbobot. Pemabahasan tentang karakter dan kompetensi.  Dalam video presentasi tersebut, Erie Sudewo menjelaskan betapa pentingnya membentuk karakter bangsa. Tidak melulu membentuk kompetensi. Keduanya harus saling berimbang.

Tujuan pendidikan jika dipandang melalui sudut pandang psikologi, juga demikian. Antara karakter dan kompetensi (skill) harus berimbang. Jika tidak berimbang, akan berdampak sangat buruk bagi lingkungannya. Contohnya : Ada ungkapan dari Jawa "Uwong Pinter Seneng Minteri Uwon" yang artinya orang pintar senang mencerdaskan orang. Maksud ungkapan disini sebenarnya lebih cenderung pada konotasi negatif. Mencerdaskan orang dalam konteksnya adalah membohongi orang dengan kecerdasannya. Maka tidak heran jikalau sekarang ini banyak orang pintar yang senang berbohong pada orang lain. Inilah akibat apabila kecerdasan manusia tidak berimbang.

Menjadi pribadi yang baik perlulah dimulai dari penyeimbangan kecerdasan intelektual, emosi, sosial dan spiritual. Jika sudah seimbang, maka bisa dipastikan orang tersebut baik dilingkungannya dan menjadi orang yang bijaksana.
1 Komentar untuk "Penting! Membentuk Karakter Bangsa"

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Lembaga Pengembangan Psikologi .
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Psikologi yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Lembaga Pengembangan Psikologi

Back To Top