Blog Seputar Dunia Psikologi

Self Talk

"Apaan sih? Dia yang salah kok! Bukan aku! Dia sendiri yang suka ngisengin, eh..diisengin balik dia nangis! Masa' iya? Ada orang seegois itu? Semuanya harus sesuai keinginan dia gitu? Ih.. masih ada ya orang macam itu? Pengen menang sendiri!"

Pernah gak self talk seperti itu? Atau seperti ini..

"Ini anak... gak pernah berubah! Selalu aja bikin masalah! Pengen sekali nonjok muka dia yang nyebelin seperti itu. Gak cakep, sok-sokan lagi. Emang sih dia pinter suka bantu orang lain. Tapi.. aku rasa dia hanya cari muka!"

Kalau iya, Mimin ucapkan selamat! Bahwa kamu memiliki kemampuan intropeksi diri yang sangat kuat. Nah loh?

Stop berprasangka dulu ya?

Coba kita pahami. Self talk atau ngomong dengan diri sendiri adalah satu dari sekian kemamuan yang dapat kita gunakan untuk membentuk pribadi yang kuat dan tanngguh. Kemampuan ini, jika diasah dengan baik, menjadikan kita orang yang sangat peka terhadap kesedihan orang lain. Ingat ya? Syaratnya diasah dengan baik!

Perihal self talk yang dicontohkan Mimin di atas, kalau dilihat isinya memang jauh dari kata baik. Tetapi.. perlu disadari bahwa self talk adalah kelebihan yang harus diasah dengan baik. Semisal seperti contoh di bawah ini :

"Hari ini aku sudah melakukan apa saja ya? Ini sudah itu sudah. Apakah yang aku lakukan ini bermanfaat bagi orang lain? Semoga saja iya. Tapi.. apakah sikapku tadi tidak berlebihan ama si dia? Kok rasanya ada yang ganjal ya? Teruss... Apa iya dia yang salah? Jangan-jangan aku melakukan pembenaran diri lagi? Yasudahlah.. Aku belum begitu jelas tahu aku yang benar atau dia. Besok saja aku tanyakan ke dia. Biar gak jadi prasangka buruk. Sekarang.. aku maafkan diriku sendiri. Aku maafkan segala kesalahan teman-temanku yang melakukan kesalahan kepadaku. Aku juga berterima kasih dan mendoakan mereka agar setiap jengkal langkahnya adalah kebaikan yang bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih juga pada Tuhan yang selalu ada untukku."

Nah... kalau sudah mengasah self talk setiap hari dengan cara yang baik, pasti nanti menjadi kebiasaan yang baik juga. Bahkan! Bisa jadi mengubah sudut pandang serta sifat dan sikap kita yang selama ini dirasa kurang menyenangkan bagi diri sendiri dan orang lain.

Latih! dan Latih! Self Talk dengan cara yang baik terus menerus. Semoga menjadi kebiasaan yang positif bagi kita. Daaaan... satu hal lagi. STOP! Menginginkan Hasil yang INSTAN!
2 Komentar untuk "Self Talk"

Back To Top