Blog Seputar Dunia Psikologi

Menata Prioritas dengan Kotak Eisenhower

Menata Prioritas, Waktu, Psikologi, Resep Tidak Malas, Anti Menunda Waktu
Pernahkah kita bengong pada waktu di depan laptop? Bingung mau ngapain aja? Atau.. pikirannya rumit karena banyak yang harus dikerjakan?

Yaps.. itulah salah satu kebiasaan buruk kita menjalani kehidupan ini. Inginnya jadi orang produktif, ternyata malah jadi orang sibuk. Sibuk mengerjakan banyak hal tetapi tidak menghasilkan apapun dari yang kita kerjakan? Hasilnya? Bisa kita rasakan sendiri. Kurang puas dengan yang kita kerjakan, tugas masih bertumpuk, kejenuhan mulai melanda dan ujung-ujungnya stress pun datang.

Kalau sudah seperti itu, kita pasti mengingat nasehat orang-orang tentang perlunya menata prioritas. Mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, mana yang harus menunggu dan mana yang harus ditinggal. Tetapi.. kalau dipikir-pikir memang sulit untuk menata prioritas karena ada rasa ingin yang harus dipenuhi, kebutuhan yang tidak boleh ditinggal atau tuntutan yang segera dilakukan.

Lalu Bagaimana Solusinya?

Pernah dengan kotak Eisenhower? atau biasa dikenal dengan Eisenhower Matrix ada yang menyebutnya Eisenhower Box. Kotak Eisenhower ini ditemukan oleh Dwight D. Eisenhower, presiden Amerika Serikat ke 34 yang memimpin pada tahun 1953 sampai 1961. Eisenhower memiliki strategi agar kehidupannya lebih produktif dengan mengorganisir kegiatannnya menjadi 4 kategori sesuai dengan tujuannya.

Menata Prioritas dengan Kotak Eisenhower

  1. Penting & Segera = Lakukan! : Berkaitan dengan hal-hal mendesak dan bersifat penting (hanya kita yang bisa melakukan)
  2. Penting & Tidak Segera = Rencanakan! : Berkaitan dengan hal-hal penting namun tidak segera.
  3. Tidak Penting & Segera = Delegasikan! : Berkaitan dengan hal-hal yang harus didahulukan namun bersifat tidak penting (bisa dikerjakan orang lain)
  4. Tidak Penting & Tidak Segera = Lupakan! : Berkaitan dengan segala hal yang tidak menjadi prioritas dalam hidup kita.
Agar lebih powerful untuk penerapannya, mulailah berhenti menunda-nunda apa yang sudah dituliskan di kotak Eisenhower tersebut. Kerjakan! apa yang seharusnya dikerjakan dan tinggalkan yang tidak penting bagi perkembangan kita. Prinsipnya : Semakin Menunda Pekerjaan Semakin Banyak Stress yang kita dapatkan.


0 Komentar untuk "Menata Prioritas dengan Kotak Eisenhower"

Back To Top