Blog Seputar Dunia Psikologi

Mengendalikan Pikiran Orang Lain (bag.2)

Ilustrasi : io9.com
Di bagian pertama telah ane jelaskan tentang konsep dasar mengendalikan pikiran orang lain. Dengan cara memanipulasi indra penglihatan kita yang dijelaskan pada bab Ilusi Optik. Apa yang aku jelaskan di bagian pertama belumlah keseluruhan. Penjelasan ilusi optik sebatas intisarinya saja.

Di bab ini, juga akan membahas tentang ilusi. Ilusi yang dibahas disini adalah ilusi auditory. Ilusi auditory ini sangat banyak macamnya. Mulai dari konsep dasar dan pengaplikasiannya. Nah.. biar lebih mantep dan top markotop, aku share kan deh file-file ilusi auditory yang aku punya. Temen-temen juga bisa mempraktekkannya. Baik praktek mandiri atau dengan orang lain.

1. Mc Gurk Effect

Ilusi auditory ini sangat mudah untuk dipraktekkan. Suara yang keluar dari ilusi ini akan terdengar dengan vocal 'Ba-Ba' tetapi pada kenyataannya, suara yang dikeluarkan dengan vocal 'Ta-Tha' dalam logat english.


2. Sheppard Tone


Sheppard tone . Jika kita dengarkan tone yang dibuat oleh Roger Sheppard ini, akan terdengar nada suara dari tinggi ke rendah. Padahal kalau dilihat dengan software, gelombangnya menunjukkan ke-konstan-an nada. Check It Out!



3. Tritone Paradox

Ini salah satu dari sekian ilusi auditory yang sangat ane suka. Karena ilusi ini mudah diaplikasikan dan dieksperimenkan. Untuk mengeksperimenkannya, ajak beberapa teman kamu untuk mendengarkan tritone paradox ini. Kemudian instruksikan kepada teman kamu untuk mencatat nada yang dia dengar. Ada dua nada yang berpasangan dan coba lihat apakah nada berpasangan yang telah teman kamu catat itu berbeda atau sama? Yaps.. jawabannya pasti belum menentu. Mengapa? Karena tritone paradox ini memang didesain untuk memanipulasi persepsi kita dalam mendengarkan nada-nadanya.

Adapun penjelasannya, dituangkan oleh Diana Deutsch (penemu tritone paradox) pada gambar di bawah ini :

Figure 1. The pitch class circle. This corresponds to the twelve pitch classes within the octave. In experiments on the Tritone Paradox, pairs of tones are played that are opposite each other along the circle, such as C-F#, or G#-D.

Figure 2. Perception of the Tritone Paradox by a subject who perceived the illusion in a pronounced fashion. The upper figure shows the orientation of the pitch class circle with respect to height, derived from the judgments of the subject shown in the graph. This subject’s peak pitch classes were G# and A.

Figure 3. Perception  of the Tritone Paradox by another subject who perceived it in a pronounced fashion, but quite differently from the first subject. The upper figure shows the orientation of the pitch class circle with respect to height, derived from the judgments of the subject shown in the graph. This subject’s peak pitch classes were C# and D.

Figure 4. Perception of the Tritone Paradox by four more subjects.



0 Komentar untuk "Mengendalikan Pikiran Orang Lain (bag.2)"

Back To Top